Hamudi Setiyawan Prabowo: Manusia Dan Kesehariannya

Manusia Dan Kesehariannya

Sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah SWT adalah paling sempurna dibandingkan dengan mahluk lain. Oleh karena itu manusia diberikan beberapa kelebihan yaitu kemampuan untuk berpikir, emosi, perasaan, nafsu, dan indera-indera untuk melakukan sesuatu seperti melakukan kegiatan sehari-hari, melakukan kegiatan sosial bermasyarakat dan melakukan kegiatan bekerja untuk mencari nafkah. Untuk lebih jelasnya mengenai manusia dan kesehariannya bersosialisasi, serta melakukan kegiatan-kegiatan akan dijabarkan sebagai berikut:

Manusia Sebagai Makhluk Individu 

Dalam bahasa latin individu berasal dari kata individium yang berarti yang tak terbagi, jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas. Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu. Dalam diri individi ada unsur jasmani dan rohaninya, atau ada unsur fisik dan psikisnya, atau ada unsur raga dan jiwanya

Manusia Sebagai Makhluk Sosial 

Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnyaTanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.

Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karrena beberapa alasan, yaitu:
  1.   Manusia tunduk pada aturan, norma sosial.
  2.   Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain.
  3.   Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
  4.   Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.

Manusia Dengan Masyarakat 

Didalam masyarakat seorang manusia dapat bersosialisasi dengan lebih luas dibanding dengan keluarganya saja karena manusia bukan mahluk indifidu yang bisa hidup selalu sendiri melainkan mahluk sosial yang tidak pernah bisa hidup sendiri. Contohnya, manusia dapat bersosialisasi dengan masyarakat di tempat tinggalnya, dilikngkungan kampus, lingkungan pekerjaan dan lingkungan dimana ia berada.

Unsur-unsur manusia bermasyarakat yaitu: kumpulan orang yang sudah terbentuk dengan lama, sudah memiliki sistem dan struktur sosial tersendiri, memiliki kepercayaan, sikap dan perilaku yang dimiliki bersama, adanya kesinambungan dan pertahanan diri, dan memiliki kebudayaan.
  1. Masyarakat Setempat (community)

  2. Masyarakat setempat menunjukan pada bagianmasyarakat yang bertempat tinggal disatu wilayah (dalam arti geografis) dengan batas-batas tertentu dimana faktor utama yang menjadi dasarnya adalah interaksi yang lebih besar diantara anggota-anggotanya, dibandingkan interaksi dengan penduduk diluar batas wilayahnya. 
  3. Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota

  4. Menurut Soerjono Soekamto, masyarakat kota dan desa memiliki perhatian yang berbeda, khususnya terhadap perhatian keperluan hidup. Di desa, yang diutamakan adalah perhatian khusus terhadap keperluan pokok, fungsi-fungsi yang lain diabaikan. Lain dengan pandangan orang kota, mereka melihat selain kebutuhan pokok, mereka melihat selain kebutuhan pokok, pandangan sekitarnya sangat mereka perhatikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Manusia Dan Kesehariannya"

Posting Komentar